Senin, 10 Oktober 2011

Metode Riset tugas ke 3

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
PT Kereta Api Indonesia (KAI) merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa pelayanan angkutan darat. Stasiun Kota Baru Malang merupakan salah satu daerah operasional dari PT KAI cabang Surabaya. Wilayah Malang merupakan daerah yang potensial pada bisnis jasa (RADAR MALANG (online) 20Mar 2007Overload, Banyak Penumpang Nekad  (http://www.jawapos.co.id/index.php?act=detail_radar&id=156191&c=88 diakses 27 maret 2007). Maka PT KAI harus menggunakan strategi pemasaran jasa yang benar terutama berkaitan dengan kualitas pelayanan agar dalam persaingan bisnis tidak mengalami kegagalan.

Tetapi dalam kenyataannya di lapangan masih banyak hal- hal yang berkaitan dengan kualitas pelayanan diabaikan oleh PT KAI hal tersebut terbukti dengan peristiwa yang terjadi pada daftar kecelakaan kereta api yang tergolong tinggi. Data sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Indonesian Railway Watch sebelumnya menyebutkan, kecenderungan kecelakaan KA yang berkategori fatal sejak 2004 hingga kini terus meningkat. Pada 2004, tabrakan KA versus KA sebanyak tujuh kali kejadian, KA anjlok atau terguling 90 kali kejadian. Kemudian pada 2005, tabrakan KA vs KA meningkat jadi 10 kali kejadian atau terbesar dalam lima tahun
terakhir, KA anjlok atau terguling bertambah menjadi 99 kali kejadian atau terbesar dalam 11 tahun terakhir. Redaksi, 2006. Presiden Minta Yang Lalai Ditindak http://www.hariansib.com/index.php?option=com_content &task=view&id=2935&Itemid=38 diakses 1 Maret 2007).

B. Rumusan Masalah
Dengan melihat hal hal yang berkaitan tentang persoalan pemasaran jasa tersebut diatas maka peneliti ingin mengetahui hal-hal yang berkaitannya dengan pelayanan yang dilakukan PT KAI terhadap konsumen atau pelanggannya oleh karena itu kami mengidentifikasi
masalah sebagai berikut:
1) Apakah kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan Konsumen ?
2) Apakah kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan Konsumen ?


C. Tujuan Penelitian
Secara umum tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Mengetahui kualitas Pelayanan berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan Konsumen
2. Mengetahui kualitas Pelayanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan Konsumen


D. Manfaat Penelitian
1. Bagi Perusahaan
Hasil penelitian ini diharapkan memberikan sumbangan pemikiran bagi perusahaan jasa untuk dijadikan masukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan serta dapat berorentasi pada
kepuasaan konsumen.

2. Bagi Peneliti
Bagi peneliti penelitian ini dapat digunakan untuk mengaplikasikan teori-teori yang sudah diperoleh selama perkulihan dan melihat perbandingan antara teori dan kenyataan.

3. Bagi akademisi
Bagi akademisi penelitian ini dapat dijadikan sebagai acuan dalam penelitian karya ilmiah yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku pada saat ini.

SUMBER :
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PT KERETA API INDONESIA (PT KAI) TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN
(Studi Pada KA Eksekutif Gajayana Di Malang)
oleh Moh. Fakhrur Rozi,2007

Tugas ini dibuat berdasarkan tugas yang diberikan oleh bapak Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar