Senin, 03 Oktober 2011

Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Produk Tepung Ketan Merk Rose Brand PT Budi Sungai Jakarta


Judul         :     Analisis Kepuasan Pelanggan Pada Produk Tepung Ketan Merk Rose Brand PT Budi Sungai Jakarta
Tema         :     Kepuasan Konsumen
Pengarang :     Hernama dan Johan
Tahun        :      -
Latar belakang Masalah :
ü  Fenomena                     : Persaingan bebas dewasa ini menuntut para pelaku bisnis untuk dapat memuaskan konsumen mereka. Untuk dapat memuaskan konsumen perusahaan perlu menganalisis indicator kepuasan
ü   Penelitian sebelumnya :   -
ü   Motivasi Penelitian     : Untuk mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan konsumen terhadap tepung ketan rose brand

Masalah           :              Dewasa ini persaingan dalam bisnis semakin ketat, untuk dapat bertahan perusahaan perlu merencanakan strategi pemasaran, hal yang mendasar  dalam strategi pemasaran adalah pemahaman tentang konsep pemasaran dimana kepuasan konsumen adalah titik sentralnya.

Tujuan Penelitian           :   Kepuasaan bersifat relative karena itu maka tolak ukur kualitas menurut konsumen pun bias berbeda-beda, tetapi disisi lain manajemen perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang terkandung dalam produk yang dapat memuaskan konsumen, agar konsumen tetap setia membeli produk yang dihasilkan perusahaan.

Metodologi
  • Data & Sampel
Data yang digunakan adalah data primer dari kuisoner. Metode sampling yang digunakan adalah pemilihan sampel secara acak. Untuk memudahkan perhitungan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden.
  • Alat & Analisis
Skala likert diperlukan sebagai suatu skala ordinal.
  • Model Penelitian













  • Variabel Penelitian
Variabelnya yaitu tingkat kepuasan dengan lima kategori.
  • Tahapan Penelitian
Tahap pertama adalah analisis tingkat kepentingan kinerja, berikutnya adalah pengujian hipotesis.
Analisis & Hasil
Ho : Pelanggan tidak merasa puas terhadap produk tepung ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.
Ha : Pelanggan merasa puas terhadap produk tepung ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.
Berdasarkan perhitungan diperoleh nilai Chi Kuadrat hitung sebesar 26,47. Dibandingkan dengan nilai Chi Kuadrat table sebesar 21,026, maka hipotesis awal (Ho) ditolak. Kesimpulan yang bisa ditarik dengan demikian adalah pelanggan merasa puas terhadap produk ketan Rose Brand di PT. Sungai Budi.

Rekomendasi & Hasil
Pada umumnya konsumen merasa puas terhadap kualitas produk tepung ketan yang diproduksi PT. Sungai Budi, namun ada beberapa indikator yang perlu mendapat perhatian pihak manajemen, yaitu wangi/harum, lebih kering, dan dapat digunakan untuk berbagai macam kue. Manajemen perusahaan perlu mempertahankan dan meningkatkan indikator higienis dan kualitas.

tugas ini di berikan oleh bapak prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar